TIPS PENANGANAN BIBIT

TIPS PENANGANAN BIBIT TANAMAN PASCA PENGIRIMAN
Setelah melakukan pememesan bibit dan sebelum bibit datang / diterima, kami sarankan untuk segera menyiapkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1. Jika tidak tersedia sekam padi, media tanam cukup berupa campuran tanah dan pupuk. Yang penting diperhatikan, media tanamnya harus gembur (porous) agar air siraman menyerap sempurna / mengalir lancar.

Saran : hindari pemakaian pupuk kimia. Gunakam selalu pupuk organik seperti pupuk kandang dan kompos. Gunakan pupuk kimia hanya pada waktu dan dosis yang memang dibutuhkan.

Setelah bibit diterima, kami sarankan segera melakukan :

Pertama, Jika paket lebih dari dua hari perjalanan, sebaiknya pangkas / buang daun ( minimal 30%) dengan alat potong.

Kedua, Segera tanam bibit dalam polybag yang kami sertakan atau dalam pot dengan media yang telah dipersiapkan. Ukuran pot disesuaikan dengan ukuran tanaman. Dasar pot harus diberi lubang yang cukup agar tidak terjadi genangan air di dasar pot.
Ketiga, Siram dengan air sampai media benar-benar basah.

Keempat, Untuk sementara waktu, letakan tanaman ditempat yang teduh atau ternaungi (missal dibawah paranet atau dibawah pohon besar) sampai tanaman terlihat benar-benar segar (mungkin butuh waktu beberapa hari atau beberapa minggu). Setelah tanaman benar-benar segar dan sehat, pindahkan ketempat dimana matahari cukup. Umumnya tanaman membutuhkan sinar matahari minimal 6 – 8 jam per hari.
Kelima, Untuk selanjutnya tinggal perawatan rutin seperti ;
Pemupukan dilakukan setiap 3 bulan sekali, atau minimal 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan awal musim kemarau.
Kami sangat terbuka untuk saling bertukar pengalaman mengenai perawatan maupun membuahkan tanaman dalam pot. Jika ada pertanyaan maupun keluhan silahkan menghubungi kami di kebun@khanzagrosirbibit.com . Salam, LapakBibit.com